Cara mengatasai orang yang sulit diajak kerjasama

Cara mengatasai orang yang sulit diajak kerjasama
Picture by Mohamed_Hassan pixabay

Apakah Anda punya rekan-rekan kerja, karyawan, supplier, customer yang mungkin agak sulit to deal with? ya dalam pembahasan hari ini Anda akan mengerti 4 tipe personality dan bagaimana caranya untuk meningkatkan kerja sama yang lebih baik antara Anda dan mereka. Basically difficult people adalah orang-orang yang mungkin Anda kurang mengerti atau Anda kurang bisa handle.

Nah, seandainya hari ini Anda bisa belajar bagaimana how to handle mereka , apakah mereka masih sulit? tentunya tidak. Nah, inilah tujuan kita, Ayo kita belajar bersama. Pertama ada 4 tipe personality ada orang yang lebih cenderung outgoing, dia lebih ekstrovert, lebih pro aktif ada juga orang yang lebih cenderung reserved atau internal lebih pendiam. Ada juga orang yang lebih task oriented yaitu fokus terhadap tugas. Di mana ada juga orang yang juga lebih people oriented yaitu fokus kepada manusia dan karir.

Karakter


Nah, orang yang outgoing dan task oriented, kita bilang adalah D character D adalah dominan, decisive, driver. Dominan personality ini tipicallyis the tipical leader in any company. Dia yang masi orang pandang sebagai leader. Orang yang I itu lebih outgoing dan people oriented. Intim interpersonal ini orang-orang the life the party dia suka banyak teman dan orang-orang suka bersama dia ada juga orang yang S. Orang yang S ini lebih cenderung stabil, secure, safety. Mungkin kadang-kadang pendiam tapi mereka cukup caring dengan orang lain. Ada juga orang yang C critical, compliant, perfectionist dan orang yang C ini cenderungnya adalah sangat detail oriented dan calculative.

Nah, kalau kita liat DISC ini tentunya Anda, saya, semua orang ada 1 karakter yang lebih dominan. Bukan artinya kita tidak punya semuanya. Tapi, kita pasti ada satu, dua karakter yang lebih dominan. Kalau misalnya Anda dealing dengan orang DISC mungkin saya kasih ilustrasi sebentar. Let say orang DISC mau pergi berenang kira-kira siapa yang lead the group? siapa yang mimpin grupnya? pastinya orang D. Orang D, masuk ke kolam renang what he does adalah ganti baju, cemplung, 20 laps, pulang. Karena he is task oriented dan dia inisiative, dia pro aktif. Tidak perlu kenal-kenalan sama semua orang di kolam renang tapi orang I mungkin dia tebar pesona dulu, mungkin bagi-bagi no whatsapp dulu. Pada akhirnya masuk angin sendiri. Kenapa? karena dia outgoing dan people oriented tapi kadang-kadang lupa task nya, lupa berenangnya. Jadi dia yang paling sering masuk angin.

Nah, orang S mungkin dia pergi ke kolam renang santai dulu, tebar pesona dulu, tapi baca buku. D ini sudah dapat bolak balik 15 kali. S nya masih belum juga nyemplung. D nya bilang coy, berenang dong kita kan di sini untuk berenang. Dia bilang santai aja lah pak, dua jam lagi juga air nya masih di situ.

Nah ini adalah orang S stable, secure, no need to change. Orang C on the other hand mau langsung berenang. Tapi, dia juga sangat careful, sangat calculative. Jadi dia akan tanya, pH nya berapa ini kolam renang? dan orang bilang oh pH nya 6,5 oh nggak percaya, dia harus keluarin pH paper sendiri dan inilah orang-orang tipe C. 

Nah, you can see DISC kalau seandainya tidak saling mengerti ini bisa menjadi sebab untuk berantem sama dengan orang I, S, dan C. Pada saat Anda membina sebuah perusahaan, sebaiknya Anda juga mengerti sifat-sifat partner Anda kadang-kadang penyebabnya kecekcokan antara partner bisnis adalah berdasarkan. perbedaan cara pikir, cara membuat keputusan. Dari DISC Saya pernah punya se group klien. Satu klien yang partnernya satu D, satu I, satu S, satu C, ber empat partner berantemnya banyak, kenapa? karena semuanya punya personality dan cara berpikir dan cara membuat keputusan dengan cara mereka. Setelah mereka mengerti bagaimana cara-cara mereka, baru mereka bisa bekerja dengan lebih baik lagi.

Hal inilah yang menyebabkan orang untuk mengajukan resign karena tidak saling sependapat dan tidak menemukan kecocokan dalam berpikir. Tapi menurut saya, inilah seninya dalam bekerja. Satu lingkup kerja tidak mungkin mempunyai pendapat yang sama. Jadi selamat bekerja kawan-kawan semua.