5 Masakan Berbahan Tulang yang sangat menggoda

5 Makanan Tulang
Image by archiratep - Pixabay


Memasak adalah hobi bagi sebagian orang. Terkadang orang sengaja bereksperimen di dapur untuk memasak makanan yang tidak seperti biasanya. Nah, kali ini kita akan membahas tentang kuliner yang menggunakan bahan dasar tulang untuk makanannya.

Jika ini bisa menjadikan ide buat rekan-rekan sekalian silahkan untuk diterapkan, karena sepertinya enak dan anti-mainstream. Biasanya ide yang out-of-the-box akan laku keras dipasaran, dan peluang diterima oleh masyarakat lebih baik rasanya.

Kedengarannya sih menyeramkan ya. Masa orang makan tulang, kayak ga ada bahan makanan lain apa yang lebih layak dikonsumsi. Akan tetapi begitulah netizen yang terhormat, selalu mencari sensasi dalam segi apapun, termasuk makanan. Mengulas tentang tulang emang ngeri-ngeri sedap. Jangan membayangkan tulang yang aneh-aneh ya, karena yang akan kita masak adalah tulang ayam dan tulang sapi.

Tulang ayam yang digunakan adalah tulang ayam sisa dari daging ayam yang di fillet. Jadi, saat di fillet hanya bagian daging tebal aja yang diambil, sementara daging yang tipis masih banyak yang menempel pada tulang. Demikian pula pada tulang sapi, namun biasanya pada tulang sapi daging, tulang iga dan tulang kaki lah yang banyak digunakan untuk memasak karena kandungan daging yang menempel masih banyak.

Biasanya dalam mengolah tulang yang terpenting adalah pada proses perebusan. Merebus tulang harus lama agar daging yang menempel menjadi lunak dan enak digigit. Pada proses perebusan, tambahan daun salam, serai, jahe dan bawang putih agar tulang mengeluarkan aroma khas yang menggugah selera dan tidak berbau hanyir.

Sensasi saat menyesap tulang yang berbumbu itu kayak ada gemes-gemesnya. Apalagi saat mengkrikiti daging yang menempel pada tulang, aduhai nikmatnya.

Berikut ini adalah kuliner dengan bahan dasar tulang yang endolita dan enak kebangetan :


1. Rica-rica Tulang

Rica-rica adalah makanan yang menggunakan bumbu antara lain, bawang putih, bawang merah, merica, cabai rawit, kunyit, daun bawang dan kecap. Sering disebut juga dengan Pedesan. Yang paling enak adalah saat kita menyesap tulangnya, wawww ada kenikmatan tersendiri Gansist.

2. Mie Tek-tek Tulang

Makanan ini adalah sejenis mie yang menggunakan mie basah yang biasa ada di tukang mie ayam. Namun diolah sedemikian rupa dengan bumbu utama bawang putih dan merica plus tulang ayam. Pokoke mantap.

3. Seblak Tulang

Siapa tak kenal seblak, makanan fenomenal dari Jawa Barat. Makanan akan menjadi lebih enak jika dikombinasikan dengan tulang atau ceker. Endolita banget dah.

4. Tengkleng

Tengkleng adalah kuliner khas Solo, bumbu yang dipakai mirip dengan perpaduan antara gulai dan tongseng. Tulang yang dipakai biasanya adalah tulang sapi. Makanan ini nikmatnya tiada tara, apalagi jika memakai tulang yang mengandung sumsum. Bikin nagih terus.

5. Sop Tulang

Nah kalau yang ini, adalah makanan berkuah yang penuh rempah namun segar, bisa menggunakan tulang ayam atau tulang sapi Biasa dikombinasikan dengan sayuran segar. Sangat cocok dimakan siang-siang. Dan tulang sapi yang mengandung sumsumnya itu semakin nikmat saat kita menyeruputnya. Bikin kepengin berat.
Faizal Amri Assalamualaikum, dan salam sejahtera buat kita semua. Saya memulai usaha peternakan ayam kurang lebih dari tahu 2015 pembangunan kandang kapasitas 4500 ekor DOC.

Belum ada Komentar untuk "5 Masakan Berbahan Tulang yang sangat menggoda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel