Bisnis Loundry, Usaha Rumahan Yang Mendatangkan Untung Besar

Bisnis Loundry

Bisnis Loundry pada umumnya banyak dijumpai kita dikota-kota dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Misalnya adalah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Balikpapan.

Kota-kota ini memiliki peluang yang menjanjikan untuk membuka usah jasa pencucian loundry dengan harga yang terjangkau. Umumnya pelanggan jasa ini ialah mahasiswa, pekerja kantoran, bahkan warga sekitar yang juga memanfaatkan loundry murah ini.

Aktifitas yang super padat memang membuat sebagian orang enggan untuk mengerjakan tugas rumah, salah satunya adalah mencuci pakaian. Kebiasaan ini biasa ditunjukan oleh orang-orang kantor atau para mahasiswa.

Setelah lelah dengan pekerjaan maupun kegiatan kampus mayoritas dari mereka merasa malas untuk mencuci pakaian. Kondisi ini rupanya dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk membuka usaha.

Yap, loundry kiloan menjadi solusi bagi mereka yang disibukan dengan pekerjaan sehingga segan untuk mencuci.

Bisnis loundry bisa dibilang menjadi salah satu usaha yang mampu mendatangkan untung besar. Hal ini tak terlepas dari semakin banyaknya orang yang membutuhkan jasa loundry guna meringankan pekerjaan rumah mereka.

Usaha ini sangat potensial jika berdiri di kota-kota besar, perkampungan padat penduduk maupun sekitaran kampus dan kos-kosan.

Untuk membuka usaha loundry tentu saja dibutuhkan modal yang tak sedikit. Mesin cuci menjadi peralatan pokok yang wajib dimiliki dalam bisnis ini. Belum lagi perlengkapan penunjang lainnya seperti setrika, keranjang pakaian, gantungan baju hingga lahan untuk menjemur baju. Belum lagi jika harus menyewa ruko, tentu saja akan menambah biaya pengeluaran modal.

Modal untuk alat jika dihitung secara garis besar bisa mencapai 8 hingga 10 juta , tergantung berapa harga mesin cuci yang diiginkan.

Tapi tenang saja, meski modal yang dikeluarkan cukup menguras kantong, hasil yang dijanjikan dari bisnis ini lumayan menggiurkan. Apa lagi jika berdiri di tempat yang strategis. Bisa dipastikan Anda mampu meraup ratusan bahkan jutaan rupiah tiap harinya. Itu mengapa pemilihan lokasi yang strategis sangat penting guna meningkatkan pendapatan sekaligus memudahkan dalam promosi usaha.

Tips Bisnis Loundry


Nah bagi anda yang tertarik untuk membuka usaha ini, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar bisnis loundry kiloan anda menjadi langganan para konsumen.

Yang pertama Lokasi Strategis

adalah menentukan lokasi yang strategis. Seperti yang sudah dibahas diatas tadi, lokasi usaha yang strategis akan berpengaruh langsung dengan penghasilan yang didapat. Pemukimam padat penduduk dikota-kota besar menjadi lokasi yang bagus untuk mendirikan usaha ini. Selain itu lokasi dekat kampus atau kos-kosan juga sangat potensial mendatangkan omzet besar dalam bisnis ini.

Yang kedua Kualitas

yaitu terkait kualitas dari jasa loundry anda. Karena bergerak dibidang cuci mencuci pakaian, tentu saja kebersihan menjadi prioritas utama. Bukan hanya bersih tapi juga harus wangi guna menarik hati konsumen. Bisa dibuktikan, jika hasil jasa loundry anda sangat memuaskan, maka dijamin para pelanggan tak akan sungkan untuk datang kembali.

Yang ketiga Pelayanan

Pelayanan yang ramah kepada konsumen juga menjadi aspek yang perlu diperhatikan. Anda bisa menerapkan prinsip 3S, yakni Senyum Salam dan Sapa. Sikap ramah mampu menjaga loyalitas para pelanggan. Selain itu juga harus membiasakan akrab dengan siapapun konsumen anda entah itu kenal ataupun belum kenal sekalipun.

Yang keempat Harga

Tips yang terakhir adalah mematok harga yang sesuai dengan pangsa pasar. Misalnya usaha loundry anda berdiri dikawasan kos-kosan mahasiswa, maka anda wajib memberikan harga ekonomis dan terjangkau. Namun jika membuka di lingkungan pegawai kantor, anda bisa sedikit menaikan harga. 

Selain tips-tips diatas, strategi promosi juga perlu diperhatikan. Tujuan jelas agar bisnis loundry anda cepat dikenal orang. Kecanggihan teknologi bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi. Anda bisa menggunakan jejaring sosial seperti facebook dan instagram untuk mempermudah marketing. Atau bisa juga dengan promosi manual seperti menyebar iklan ditempat-tempat orang sering lewat. 

Kesimpulan

Itu tadi beberapa tips yang perlu diperhatikan bagi anda yang berniat membuka bisnis laundry kiloan. Apapun usahanya, poin terpenting adalah keuletan dan kesabaran. Prinsip pantang menyerah harus kita tanamkan dalam diri. Jangan pernah takut gagal, jangan pernah takut rugi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.