Rahasia Pakan Ayam Petelur dari DOC hingga Afkir untuk 100 ekor

Rahasia Pakan Ayam Petelur dari DOC hingga Afkir untuk 100 ekor


Rangkuman Pakan Petelur hingga Afkir. Cara mebuat pakan semi fermented untuk ayam usia 1 tahun keatas. Bisa sampai 3 tahun atau lebih, atau sampai ayam ayam ini anda nyatakan diafkir kalau anda memilih afkir. Kalau  anda ingin memelihara ayam ini hingga masa usianya habis, itupun bisa dilakukan. Masa usia 8 bulan hingga 1 tahun rata rata adalah masa dimana ayam ayam mengalami puncak produksi telur antara 90% hingga 97%.

Ayam berusia 8 bulan hingga 1 tahun akan menghasilkan banyak telur untuk anda. Dan setelah lewat usia 1 tahun maka secara perlahan produksi ayam ayam ini akan mengalami penurunan. Produksi telur akan berada dikisaran 75% hingga 85%. Hingga ayam ini anda putuskan diafkir atau ayam ini anda pelihara hingga usianya habis.

Ada 4 dasar utama dalam pakan ayam ayam petelur ini yaitu yang

1. KOSENTRAT petelur

Ada beberapa produk dan merk. Saya menggunakan CP 144 Phokpand dan disini tertera penggunaannya yaitu sekitar 25%. Kosentrat ini adalah pakan kunci yang memaksimalkan prosentase produksi telur dan menjaga kwalitas telur. Anda bisa gunakan kosentrat merk lain, dan silahkan saja. Ini adalah kosentrat untuk bebek petelur tapi saya gunakan untuk ayam ayam petelur saya. Dan selama ini tidak pernah ada masalah. Yang saya gunakan adalah seri CP 144 produksi PT Phokpand.

2. JAGUNG.

Jagung giling atau jagung selep ini memiliki protein sekitar 8,5% tapi memiliki kandungan serat kasar yang relatif rendah.

3. DEDAK atau BEKATUL

Yang merupakan produk samping dari sisa gabah padi. Mengandung protein kasar sekitar 7,5%.

4. BRAN gandum atau POLLARD gandum. 

Mirip dedak yang merupakan produk samping dari kulit gandum. Bisa juga hasil samping dari proses pembuatan tepung terigu. Dan memiliki protein kasar sekitar 17%. Anda tidak harus tergantung dengan merk ini, Ditempat anda adanya merk apa, anda bisa gunakan. Ada 2 jenis sebenarnya, bran pollard dan bran gandum saja atau pollard gandum saja. Ini, dibuat dari sisa sisa penggilingan kulit gandum. Bran pollard gandum ini biasa buat pakan sapi, kambing, kuda atau juga kelinci.

Sebelumnya saya gunakan Viterna plus. Maka kali ini biar ada variasi saya gunakan TOP MIX. Sebenarnya kalau dilihat dari komposisinya hampir sama. Bedanya kalau viterna plus berbentuk cair sedangkan top mix berbentuk serbuk. Tapi sebelum kita membahas artikel tentang pakan ayam diatas 1 tahun. Kita akan rangkum, bagaimana pakan dari DOC. Kemudian menuju masa ayam ini bertelur. Untuk ayam usia DOC dari pertama kali datang, Hingga usia 3 hari atau usia 10 hari. Bisa anda berikan pakan starter BR-1 atau 511. Selanjutnya bisa diberikan pakan semi fermented hingga usia 1,5 bulan. Untuk DOC ini 5 kg, sekali buat bisa untuk 3 hari.

Dan komposisinya seperti ini :


Siapkan air 1 liter, ditambah 1 tutup EM4 (probiotik/kefir), plus 1 sendok gula pasir. Selanjutnya masukkan BR-1 atau 511 (pakan starter) 3 kg, dan diaduk rata. Lalu masukkan dedak atau bekatul halus 2 kg, menjadi pakan 5kg. Setelah dicampur rata maka bisa langsung diberikan ke anak anak ayam anda. Untuk pakan semi fermented ini, bisa anda berikan dari pertama DOC datang, Atau bisa juga setelah 3 hari atau setelah 10 hari, terserah anda. Takaran pemberian pakan 100 anak ayam, sehari adalah Usia 1 hari hingga 1 minggu membutuhkan sekitar 1,5 kg sehari. Usia 1 minggu hingga 2 minggu sekitar 2,5kg. Usia 2 minggu hingga 4 minggu sekitar 3kg. Usia 4 minggu atau 1 bulan hingga 1,5 bulan antara 4 hingga 5kg.

Jadi ketika anda mebuat pakan 5kg, ketika masih sisa, maka bisa anda simpan, dan besoknya bisa dicampurkan dengan pakan yang baru. Selanjutnya pakan usia 1,5 hingga 3,5 bulan atau 4 bulan / pullet.

Kita bisa langsung mebuat 15kg dengan komposisi sebagai berikut :

Air 3 liter, plus 2 sendok gula, plus 2 tutup EM4 (probiotik/kefir). Lalu dicampur dan diamkan sekitar 5 menit. Masukkan Top mix (premix) sekitar 50 gram, Artinya 1 bungkus Topmix ini isi 500 gram, bisa untuk pemakaian 10 kali. Dan masukkan bran pollard gandum 4kg lalu tambahkan dedak bekatul 6.5 kg. Masukkan kosentrat CP-144 1.5kg, Ditambah jagung halus 3kg, total menjadi 15kg. Setelah dicampur bisa diberikan ke ayam, dengan takaran :Usia 1.5 bulan hingga 2.5 bulan, sehari sekitar 6 hingga 8kg. Ini untuk 100 ayamUsia 2.5 bulan hingga 3.5 bulan atau 4 bulan, sehari menghabiskan sekitar 10kg. Pemberiannya pagi dan sore atau 2 kali sehari. Untuk air minum bisa anda gunakan air putih ditambah Vita chiks. Berikutnya pakan ketika memasuki usia pullet hingga usia 1 tahun. Tetap takaran pembuatannya 15kg untuk 100 ayam. Dan ketika sisa maka bisa dicampurkan ke pakan berikutnya. Adapun komposisinya sebagai berikut :Air 3 liter, ditambah EM4 (probiotik/kefir) 2 tutup botol, plus gula pasir 2 sendok. Tambahkan Topmix 50 gram dan berikan kosentrat CP-144 3kg, Tambah juga jagung 3kg. Bran pollard gandum 3kg, plus dedak bekatul 6kg. Pemberian pakan usia 3.5 bulan hingga 1 tahun, menghabiskan sehari 10kg hingga 12kg, untuk 100 ayam.

Pemberiannya pagi dan sore masing masing sebanyak 5kg hingga 6kg. Untuk minuman bisa anda tambahkan Egg Stimulant. Vitachicks tidak menggunakan lagi, jadi air bersih ditambah Egg Stimulant. Bisa lihat didosisnya. Kenapa ayam ayam ketika masuk usia 1 tahun keatas, kita harus ganti manajemen pakannya. Karena ayam ayam ini ketika usia 8 bulan hingga 1 tahun,  merupakan puncak produksi masa bertelur ayam. Ketika melalui 1 tahun, maka terjadi penurunan produksi telur ayam sekitar 5% hingga 10%. Untuk itu kita adakan perubahan dalam prosentase bahan bahan makanannya. Saya menggunakan pola pakan 4-4-4-3 untuk 100 ayam. Jadi, sekali buat untuk sehari 15kg, Tapi pakan 15kg itu, kita berikan 10 atau 12kg sehari. Untuk lebih jelasnya kita ikuti cara pembuatannya..Untuk pakan ayam usia 1 tahun hingga 3 tahun atau lebih, maka terjadi perubahan komposisi pakan, yaitu :Air 3 liter, ditambahkan gula 3 sendok, plus EM4 (probiotik/kefir) 2 tutup botol. Kemudian aduk rata dan diamkan sekitar 5 menit. Didiamkan 5 menit ini, agar bakterinya bisa berkembang. Lalu masukkan Egg Stimulant sekitar 20 gram, Egg Stimulant ini isi 100 gram bisa untuk 5 kali pemakaian.

Kemudian masukkan juga Topmix sekitar 50 gram,dan aduk semuanya menjadi satu. Siapkan dedak katul 4kg ditambah kosentrat CP-144 4kg dan jagung 4kg, ditambahkan 3kg bran pollard gandum. Sehingga total 15kg dengan pola 4-4-4-3. Pemberian pakan dalam sehari tetap antara 10kg..hingga 12kg untuk 100 ayam, dengan pemberian 2 kali sehari, pagi dan sore masing masing 5kg hingga 6kg. Untuk air minum bisa anda gunakan air putih biasa saja atau bisa juga anda tambahkan sedikit Egg Stimulant.

Yang sering jadi pertanyaan. Apakah Bran Pollard bisa diganti ? Bran pollard ini sebenarnya hukumnya, ya, harus adaWajib, iya kan, dan tidak bisa diganti dengan bahan pakan yang lain. Karena bran pollard ini, dia itu melengkapi nutrisi yang ada pada jagung. Jadi kalau anda tidak menggunakan bran pollard, maka gantinya ya jagung itu sendiri yang takarannya harus ditambah. Tapi kalau ada bran pollard maka akan jauh lebih baik. Karena nutrisi yang ada pada kandungan jagung tidak terdapat pada bran pollard. Dan ayam butuh itu. Tapi walaupun bran pollard nutrisinya cukup tinggi tapi serat kasarnya cukup tinggi juga. Jadi tidak boleh terlalu banyak. Takarannya setidaknya ketika kita menggunakan dedak bekatul 1kg, maka bran pollardnya 1/2 kg saja atau paling nggak 3/4 kg.

Bran pollard ini biasanya buat makanan sapi atau makanan kuda, bisa juga biat makanan kelinci. Jadi semoga ditempat anda, mudah untuk mendapatkan bran pollard, kalau tidak ada ya gantinya jagung bisa anda tambahkan. Takaran jagungnya ditambah, yang tadinya 1kg karena bran pollardnya butuh 1 kg juga, maka jagungnya menjadi 1.5 kg atau malah bisa juga jagungnya 2 kg. Dengan pola pakan 4-4-4-3 ini dari 100 ayam sehari (Atas ijin Allah) masih bisa menghasilkan telur antara 75 butir hingga 85 butir sehari di usia ayam menginjak 1 tahun hingga 3 tahun lebih. Dengan pola pakan 4-4-4-3 ini maka selesailah rangkaian pakan ayam petelur yang diberikan, masa untuk pullet, kemudian masa bertelur pertama hingga masa pakan 1 tahun keatas hingga afkir. Demikian artikel singkat / tutorial kali ini.
Faizal Amri Assalamualaikum, dan salam sejahtera buat kita semua. Saya memulai usaha peternakan ayam kurang lebih dari tahu 2015 pembangunan kandang kapasitas 4500 ekor DOC.

Belum ada Komentar untuk "Rahasia Pakan Ayam Petelur dari DOC hingga Afkir untuk 100 ekor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel