5 Cara memulai bisnis online

5 Cara bisnis online


Bisnis online telah menjadi trend baru dikalangan millenial negeri ini, kalau dulu bagi generasi baby boomers orientasi doktrin ketika menginjak dewasa adalah fokus mencari kerja terutama jadi ASN. Namun kini trend menggeser pola pikir generasi millenial lebih fokus wirausaha daripada sibuk mencari kerja. Perkembangan teknologi mengarahkan generasi millenial fokus bisnis online daripada mencari lowongan kerja.

Trend bisnis online yang kian pesat didukung oleh semakin banyaknya Pengguna internet indonesia yang telah mencapai 93 juta orang. Dengan meningkatnya pengguna internet yang pesat berpengaruh pada pola konsumsi barang yang bergeser dari beli secara konvensional (pasar, toko dan mall) mengarah beli secara online dengan memanfaatkan teknologi yang kian pesat.

Dear pembaca, data ini didukung oleh meningkatnya pola perilaku konsumen bisnis online yang kian tahun kian tumbuh ditambah dengan fakta lapangan banyaknya pengusaha retail konvensional yang gulung tikar akibat konsumen lebih banyak yang beli online.

Hal itulah yang membuat generasi milenial mulai bergeser orientasinya yang dulunya biasanya mencari kerja berubah menjadi wirausahawan lewat bisnis online. Ada upaya pemanfaatan peluang bisnis online yang semakin menggiurkan melihat pergeseran perilaku konsumen dalam beli barang.

Ketertarikan bisnis online kadang butuh arahan agar bisnis online yang dijalankan dapat diterima pasar. Bagi para pelaku bisnis online pemula mungkin langkah awal memulai bisnis pasti membuat galau dalam menentukan langkah. Lewar tulisan ini ingin mengajak agan dan sista memahami 5 tips jitu memulai bisnis online bagi pemula.

1.Tentukan tujuan memulai bisnis online

Sebelum teman-teman membayangkan memulai bisnis online cobalah tentukan tujuan mau memulai bisnis online orientasinya kemana. Menentukan orientasi tujuan penting sebagai energi penyemangat ketika pada saat menjalankan bisnis online terjadi kejenuhan karena beratnya tantangan.

Dengan menentukan tujuan harapannya mampu menjadi energi pemantik semangat ketika sedang jenuh menghadapi tantangan menghadang. Tujuan juga sebagai kekuatan untuk terus bangkit Ketika hambatan menghadang.

Tujuan juga sebagai upaya pengarah langkah dalam rangka mewujudkannya pada situasi apapun. Karena apapun bisnismu tantangan terberat bukan saat mau memulainya tapi pada saat kamu mempertahankannya hingga tujuan tercapai. Biasanya godaan mencapai tujuan akan muncul ketika usaha yang digeluti teman anda sukses mendahului usaha anda yang membuat galau untuk mencoba usaha teman anda.

2. Tentukan target yang ingin dicapai

Sebelum memulai bisnis online tentukan dulu target yang ingin dicapai saat fokus memulai bisnis online. Target dalam capaian finansial dan target dalam capaian pengembangan bisnis.

Target capaian finansial bisa diarahkan pada proses pencapaian aset yang dimiliki dan hasil orientasi bisnis yang dijalankan,serta target finansial yang menjadi kekuatan pengembangan bisnis.

Sedangkan target pengembangan bisnis berupa model sistem seperti apa yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu. Berbagai target tersebut harapannya jadi sarana mengarahkan usaha sesuai ritme kemampuan langkah kita. Target juga jadi sarana pengingat ketika kondisi jenuh saat menghadapi berbagai rintangan.

3. Tentukan produk yang ingin dijual sesuai kesukaan anda

Dalam menentukan produk kalau bisa yang membuat kita nyaman menjualnya dan menguasainya teknik pemasaran terhadap produk tersebut. Sehingga kita tidak merasa gagap saat merespon pembeli yang minat produk kita. Priduk yang mudah dipasarkan dan pasti lakunya buat pemula adalah produk fashion dan berbagai asesorisnya atau produk kuliner yang bisa bertahan dalam jangka waktu tertentu.

4. Tentukan awal melangkah memulai bisnis online

Persiapan melangkah dalam bisnis online biasanya berkaitan dengan aspek pilihan jadi reseller atau dropshiper. Bagi agan dan sista yang memiliki modal cukup pasti pasti akan mengawali jadi reseller dengan stok barang dirumah sehingga mampu memahami dulu kondisi pasarnya dan segmen bidikan pasarnya.

Bagi agan dan sista yang modalnya pas pasan disarankan coba jadi dropshiper dulu harapannya mampu berproses lewat tukar pengalaman dengan reseller dan pengalaman pribadi dalam menjualkan barang orang lewat online sehingga mampu mendewasakan dalam memahami bisnis online.

Catatannya jangan coba coba bagi para pemula langsung jadi supplier atau stokis banyak. Karena kita harus memahami dulu pengalaman dalam segmen pasar yang butuh interaksi dulu merasakan pahit manisnya jualan online. Kalau sudah memahami dalam setahun dua tahun barulah kalau sudah merasa mantap melangkah jadilah supplier atau stokkis barang.

5. Tentukan teknik promosi dan pemasaran jitu bisnis online

Kunci sukses bisnis apapun adalah promosi dan pemasaran produknya. Sehebat apapun agan dan sista atau sekuat apapun keuangan agan dan sista jika pemasarannya serta promosinya asal asalan maka pelan tapi pasti bisnismu akan hancur.

Teknik promosi dan pemasaran bagi para bisnis online pemula jangan langsung masuk ke marketplace start up seperti shopee dan lainnya. Karena kamu akan dilibas dalam persaingan harga yang semakin membuatmu bingung.

Bagi pemula mulailah promosi lewat media sosial dan whatshapp. Gabunglah bisnis online mu dalam jejaring group media sosial terutama facebook untuk promosikan bisnis online mu. Dengan interaksi media sosial minimal interaksi anggota pertemananmu akan merespon pertama kali sebagai pembeli pertama barang daganganmu.

Lalu arahkan setiap transaksi yang ada di media sosial untuk transaksi lewat whatshapp. Jangan eksekusi langsung lewat media sosial karena dengan menggiring lewat whatshapp akan menyaring berbagai macam karakter pembeli yang benar benar serius membeli.

Terakhir yang menjadi catatan buat teman-teman yang lagi serius memulai bisnis online. Bahwa sebagus apapun teori yang kalian baca kalau kalian tidak segera action maka hanyalah hayalan semata. Segera eksekusi dan konkretkan sehingga kalian bisa merasakan sensasinya nikmatnya bisnis online.

Ibarat kata nich...teman-teman memanfaatkan hobby online tapi menghasilkan... Atau bahasa lainnya biar kuota nya bermanfaat saatnya bisnis online yang mengasyikkan...

Selamat mencoba...

Keberuntungan hanya milik orang yang mau berusaha dan kerja keras bukan orang yang hanya menghayal saja.... Ayooo mulai sekarang juga!!!
Faizal Amri Assalamualaikum, dan salam sejahtera buat kita semua. Saya memulai usaha peternakan ayam kurang lebih dari tahu 2015 pembangunan kandang kapasitas 4500 ekor DOC.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara memulai bisnis online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel