9 Situs Freelance terbaik Untuk Anda yang ingin bekerja dari rumah

9 Situs Freelance terbaik Untuk Anda yang ingin bekerja dari rumah


BelajarBerwirausaha.COM – 9 Situs freelance terbaik untuk anda yang ingin bekerja dari rumah. Saya sendiri termasuk telat dalam memulai peluang usaha yang bisa dikerjakan dari rumah, selama ini saya masih beranggapan bahwasannya bekerja itu ya offline. Datang ke kantor pagi, dan pulang mungkin hampir tengah malam bagi kawan-kawan yang ada di Ibu Kota. 

Dengan hadirnya situ-situ freelance ini, bisa membuat para pekerja offline atau kantoran untuk melirik pekerjaan ini. Tapi jangan dulu memutuskan untuk pindah haluan ya gaes, karena semuanya tidak semudah membalikan telapak tangan loh yah. Jadi mari kita cek satu persatu situs yang bisa menghasilkan uang tambahan gaes.

1. upwork.com 

Dengan lebih dari 1,5 juta klien, menawarkan hampir semua bidang untuk setiap jenis pekerjaan freelance. Mencakup baik proyek jangka pendek maupun jangka panjang dengan sistem bayaran per jam atau proyek dengan keterlibatan tingkat profesional dan tingkat pemula. Tidak masalah seberapa tinggi tingkat keterampilan anda, situs upwork memungkinkan para pencari kerja atau para freelance mendapatkan pekerjaan yang paling sesuai, mulai dari proyek simpel seperti mengetik naskah hingga pekerjaan yang super ribet seperti membuat program bisa didapatkan di situs ini.

2. freelancer.com

Tidak seperti kebanyakan platform lain, selain menawarkan jutaan proyek. freelancer memungkinkan anda untuk bersaing dengan freelancer lainnya dalam konteks untuk membuktikan keahlian anda. Jika anda kompetitif dan percaya diri dalam keahlian anda maka hal tersebut adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kemampuan anda, dan menarik lebih banyak klien. Kemudahan yang paling terasa adalah situsnya sudah mendukung berbagai fasilitas tampilan seperti menu pencarian dan lain sebagainya dalam bahasa Indonesia sehingga meskipun anda belum lancar berbahasa Inggris anda tetap dapat mengambil proyek dalam negeri untuk memulainya.

3. guru.com

Guru merupakan website freelance tempat mencari kerja online yang menyediakan dua jenis member yaitu free member atau gratis dan paid member atau berbayar. Free member adalah jenis member yang tidak dipungut biaya, namun potensi mendapatkan job nya masih minim. Paid member adalah member yang berbayar dengan tujuannya adalah untuk mendapatkan job yang lebih banyak dan rutin. Apapun jenis membernya, anda bisa mendapatkan hasil yang lumayan jika ditekuni dengan serius.

4. toptal.com

Dengan pendekatan yang sangat berbeda dari situs lain, toptal diperuntukkan untuk freelancer yang berpengalaman dan berbakat, di mana nantinya anda harus melewati proses penyaringan. Toptal akan memberikan akses yang tak terbatas ke proyek-proyek besar dengan klien terkenal sebut saja jpmorgan, zendex, air bnb, dan lain-lain. Tentu saja dengan bayaran yang besar, sebab tidak ada proyek dengan penawaran rendah pada situs ini. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas toptal untuk pertemuan teknologi dan acara rutin mereka.

5. fiverr.com

Platform untuk kategori kreativitas, termasuk penulis, pembuat film, produser, fotografer, dan banyak lainnya. Daftarkan jasa anda dengan harga yang bisa anda pilih sendiri dan bisnis yang membutuhkan konten sesuai dengan keahlian anda. Platform ini sangat sederhana dan dapat sangat menguntungkan saat anda membangun reputasi yang baik.

6. sribulancer.com

Situs freelance lokal, yang saat ini sedang mencoba pasar global dengan tujuan mempertemukan para freelancer yang sedang membutuhkan pekerjaan. Namun masih kesulitan karena kurangnya koneksi atau belum banyak yang mengetahui. Selain bermanfaat untuk para freelancer, juga untuk para klien yang membutuhkan pekerja yang bisa menyelesaikan tugas dengan waktu yang telah disepakati dan selesai dengan sempurna ada jaminan uang kembali terhadap klien bila freelancer melanggar janji atau poin-poin yang sudah ditetapkan. Dikarenakan buatan lokal, maka ada opsi pembayaran menggunakan transfer bank yang artinya anda bisa lebih mudah menerima pembayaran dari setiap hasil pekerjaan anda.

7. project.co.id

Tidak jauh berbeda dengan situs-situs freelance di atas, anda bisa bergabung dan menjadi member serta mencari pekerjaan sebagai freelance. Selain itu Anda bisa memanfaatkan fitur afiliasi yang artinya, anda bisa merekrut orang lain untuk bergabung menjadi member freelance. Bila orang tersebut berhasil mendapatkan job dan menghasilkan uang maka anda juga akan mendapatkan komisi. Fitur afiliasi ini bisa anda manfaatkan sebagai media penambah penghasilan utama.

8. sribu.com

Situs khusus untuk para designer gambar logo, banner, kaos, dan lain sebagainya. Sribu.com ini dikhususkan untuk para freelancer desain untuk mencari job design. Jadi bagi anda yang jago desain gambar, logo, banner, iklan, atau kaos dan lainnya, sebaiknya mencobanya. Karena situsnya juga sudah terbukti membayar. Spesialnya lagi situs ini buatan anak negeri yang pastinya bisa memudahkan anda dalam proses pay-out atau pengambilan dana hasil kerja freelance.

9. 99designs.com

Seperti pada platform seribu.com, situs ini juga merupakan situs untuk para desainer. Namun untuk skala internasional, platform ini memungkinkan anda bersaing dalam kontes desain dan mendapatkan feedback saat klien memilih. Cara yang bagus bagi para desainer berbakat untuk membuktikan bakat mereka serta mendapatkan penghasilan dari sana, bisa juga menjadi salah satu alternatif sambil membangun portofolio.

Sekarang, tentukan pilihan anda. Mau bekerja kantoran ataupun freelance memanfaatkan komunitas online. Intinya sama-sama menghasilkan uang. Pilihan adalah nasib kita kedepannya, berhasil ataupun tidak itu adalah bagian dari proses hidup. Tidak akan ada kesuksesan tanpa dibangun dari penderitaan.