7 peluang usaha menguntungkan di desa tahun 2020


BelajarBerwirausaha.COM - Membuka usaha atau bisnis di desa tentunya akan berbeda dengan membuka usaha di kota. Hal ini dikarenakan perilaku konsumen dan kebutuhan konsumen yang berada di desa berbeda dengan perilaku konsumen dan kebutuhan konsumen yang berada di perkotaan. Beda tempat sudah pasti beda kebiasaan, beda budaya dan juga beda kebutuhan.

Peluang Usaha di Desa


Tidak semua bisnis di kota bisa dijalankan di desa. Begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, sebelum membuka usaha di desa, Anda perlu mengetahui dahulu, peluang-peluang usaha apa saja yang cocok untuk dijalankan di desa dan sudah terbukti menguntungkan. Apa sajakah itu?

1. Jual Beli Hasil Pertanian dan Perkebunan

Jika anda memiliki modal yang cukup besar, Anda dapat membuka usaha sebagai pengepul hasil panen masyarakat di desa Anda. Selain memberikan harapan akan keuntungan yang lebih bagi masyarakat desa yang juga merupakan tetangga Anda, Anda juga dapat menghindari perlakuan semena-mena dari para tengkulak yang berasal dari kota yang membeli hasil pertanian dengan harga yang sangat murah.

Dan ingat, Anda juga harus menerapkan harga yang sesuai kepada para petani jangan Anda malah menjadi seperti para tengkulak yang membeli dengan harga semurah-murahnya agar mendapatkan keuntungan yang tinggi.

2. Bisnis Sewa Mesin Pertanian Pertanian

Saat ini sudah tidak bisa lepas dari yang namanya mesin pertanian Ini adalah usaha yang terbukti menguntungkan Anda bisa menyewakan mesin traktor atau membuka usaha mesin penggilingan padi atau mesin-mesin yang lainnya yang tentunya sangat berguna untuk daerah pedesaan.

Selain usaha menyewakan mesin-mesin pertanian Anda juga bisa membuka toko alat-alat pertanian seperti cangkul, sabit dan sebagainya kemudian benih padi, pupuk, pestisida dan lain sebagainya, yang biasanya barang-barang tersebut dijual di Koperasi Tani.

3. Bisnis Ternak Hewan

Sudah bukan rahasia umum lagi apabila ternak hewan menjadi primadona usaha di desa yang menguntungkan. Salah satu alasan mengapa banyak orang yang ternak hewan adalah tersedianya makanan hewan yang melimpah yaitu rumput Hewan yang bisa anda ternak cukup banyak seperti sapi, kerbau, kambing, ayam. Usaha ini juga memerlukan modal yang tidak sedikit tapi hasil yang akan didapatkan bisa berkali-kali lipat.

4. Usaha Budidaya Ikan

Usaha ini bisa di coba dari hobi anda yang suka dengan ikan, Anda harus menentukan jenis ikan apa yang anda budidaya. Apakah anda ingin budidaya ikan pedaging atau ikan hias. Salah satu jenis ikan yang mudah perawatannya ialah ikan lele, karena ikan ini bisa bertahan hidup meski di dalam air keruh.

Dalam usaha budidaya ikan lele ini ada yang namanya ternak lele dengan sistem bioflok. Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan search di youtube dengan kata kunci “lele sistem bioflok” nanti akan muncul cara-cara budidayanya dan liputan tentang sistem bioflok ini.

5. Bisnis Olahan Pangan

Ini adalah salah satu keuntungan dari segi bisnis jika Anda tinggal di desa yaitu tersedianya bahan baku untuk usaha makanan, kuliner atau olahan pangan. Di desa, banyak sekali kebun pisang, singkong, kentang, ubi dan sebagainya yang kesemuanya itu mudah didapatkan, masih fresh dari pohonnya dan tentunya murah karena langsung dibeli dari para petaninya.

Silahkan Anda manfaatkan itu Misalnya dengan membuat olahan pangan dari singkong menjadi keripik singkong atau keripik pisang atau olahan pangan yang lainnya. Pembuatan olahan pangan makanan ringan seperti keripik, dodol, jenang, kerupuk jajanan khas suatu daerah, memang mempunyai potensi untuk dipasarkan di wilayah desa tersebut dikirim ke pasar atau ke kota dan bisa juga di distribusikan ke daerah lain.

6. Bisnis Bibit Tanaman

Sebagai pilihan lain untuk Anda yang berada di kawasan pedesaan, bisnis pembibitan tanaman dapat menjadi pilihan dalam menjalankan bisnis pertanian yang menguntungkan. Alasannya bibit tanaman ini sangat cocok jika dikembangkan di wilayah pedesaan yang biasanya udaranya masih bersih dari berbagai polusi dan masih banyaknya tanah yang tersedia.

Beberapa bibit tanaman juga memilki harga jual yang tinggi serta di barengi dengan kebutuhan yang banyak seperti misalnya bibit pohon jati, jati emas, cendana, cengkeh dan bibit-bibit tanaman yang keberadaannya sulit atau langka di temukan Mungkin disini ada yang belum tahu, coba Anda kembangkan usaha bibit pohon gaharu.

7. Usaha PPOB PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank

Membuka loket pembayaran dan transaksi online dapat menjadi peluang usaha rumahan di desa yang menjanjikan, Anda bisa membuatnya seperti loket yang mirip sebuah lembaga bank yang dapat melayani berbagai transaksi pembayaran online mulai dari bayar listrik, beli token listrik, beli pulsa, beli tiket pesawat, tiket kereta api dan sebagainya.

Termasuk juga melayani transfer uang antar bank. Kebanyakan warga masyarakat di kampung dan di desa enggan untuk pergi mengantri ke bank atau alasan lainnya karena mereka belum mengetahui bagaimana caranya melakukan transfer uang, atau menerima tranfer di bank Hal tersebut dapat kita manfaatkan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

Lalu bagaimana cara membuka loket pembayaran yang bisa melayani segala bentuk transaksi online? yang pertama : Memasang koneksi internet di rumah, bisa dengan layanan speedy atau indihome. Jika speedy atau indihome jangkauannya belum sampai ke desa Anda, bisa diganti dengan modem, yang penting bisa tersambung ke internet. 2. Menyediakan seperangkat komputer yang standar saja 3. Mendaftar sebagai mitra bisnis PPOB.