4 Persiapan Bisnis Pertamini, Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan

bisnis pertamini
Bisnis Pertamini - Image by Pixabay.COM
Bila kita amati, beberapa tahun belakangan ini semakin banyak pertamini yang berdiri hampir di setiap daerah. Pertamini sendiri merupakan tempat pengisian bahan bakar khususnya untuk kendaraan kecil seperti motor. Biasanya jenis BBM yang dijual berupa pertalite atau pertamax. Beberapa pertamini masih ada yang menjual bensin namun jumlahnya tak banyak mengingat BBM jenis ini semakin sulit untuk didapat.

Pada dasarnya bisnis pertamini sama saja dengan usaha bensin eceran pada umumnya. Hanya saja pelayanan yang diberikan dikemas lebih menarik. Jika usaha bensin eceran hanya menggunakan wadah berupa botol untuk menampung stok bahan bakar.  Pertamini tampil lebih modern dengan menggunakan alat pengisian bahan bakar layaknya di SPBU besar. Meski harga per liternya relatif sama, namun pertamini terbukti lebih efektif dalam hal menarik hati konsumen.

Bagi sebagian orang bisnis pertamini menjadi usaha yang lumayan menjanjikan. Selain modal yang dibutuhkan tak terlali banyak, cara menjalakannya juga terbilang mudah. Tinggal membeli sebuah mesin pengisian bahan bakar mini ditempat pengrajin. Kemudian memajangnya didepan rumah atau tempat strategis lainnya. Pinggir jalan raya menjadi lokaasi yang paling tepat untuk mendirikan usaha ini karena mudah untuk ditemukan konsumen.

Lantas bagaimana cara mendapat stok bahan bakar ? Sama seperti usaha bensin eceran. Pebisnis pertamini juga  membeli stok bahan bakar di SPBU terdetkat. Namun sebelum itu wajib mengurus perizinan kepada pihak SPBU agar bisa membeli stok bahan bakar dalam jumlah banyak. Biasanya para pelaku bisnis ini membawa beberapa buah dirigen ke SPBU untuk mendapatkan stok bahan bakar.

Persiapan Bisnis Pertamini

Nah bagi anda yang tertarik mencoba bisnis pertamini, ada beberapa hal wajib yang perlu dipersiapkan. Apa sajakah persiapan tersebut. Silahkan anda simak uraian dibawah ini.

1. Modal Awal Pertamini

Hal pertama untuk membuka bisnis ini tentu saja modal. Berapa modal yang dibutuhkan ? Saat ini harga mesin pertamini dipasaran kira-kira 10 hingga 15 jutaan per unitnya, tergantung model dan teknologi penunjangnya. Pada umumnya ada 3 jenis mesin pertamini yang bisa digunakan, yakni pertamimi manual, digital tunggal dan digital dobel. Ini merupakan peralatan yang wajib anda miliki untuk memulai usaha bisnis pertamini.

2. Surat Perizinan

Setelah modal siap, anda harus mengurus surat peizinan . Surat perizinan bisa anda dapatkan di kantor SPBU terdekat. Biasanya akan dikenankan biaya adminitrasi sebesar 200 rb untuk bisa membawa pulang surat izin usaha ini. Dengan surat tersebut bakal memudahkan anda membeli stok bahan bakar dalam jumlah banyak.

3. Lokasi Pertamini

Langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi usaha. Pemilihan lokasi yang strategis akan memudahkan anda meraup keuntungan lebih banyak. Jika rumah anda dipinggir jalan raya, maka tinggal memajang mesin pertamimi didepan teras rumah. Dengan sendirinya konsumen akan datang menghampiri. Namun jika rumah anda berada ditengah kampung dan jauh dari jalan raya. Bisa menyewa teras ruko yang dekat jalan protokol sebagai lalulintas utama orang lewat.

4. Pelayanan ke Konsumen

Hal terakhir yang perlu diperhatikan terkait pelayanan yang memuaskan. Anda harus selalu ramah kepada konsumen siapapun mereka. Cara yang dapat dilakukan seperti menanyakan mereka dari mana mau kemana dan lain sebagianya. Kuncinya harus selalu menjaga sopan satun tutur kata kepada pelanggan. Dengan demikian pembeli akan merasa puas dan tidak segan untuk datang kembali.
Itu tadi beberapa hal yang perlu anda siapkan untuk membuka bisnis pertamini. Apapun bisnisnya, kunci utama adalah keuletan dan kesabaran. Jangan pernah takut mencoba, jangan pernah takut gagal dan jangan pernah takut rugi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Faizal Amri Assalamualaikum, dan salam sejahtera buat kita semua. Saya memulai usaha peternakan ayam kurang lebih dari tahu 2015 pembangunan kandang kapasitas 4500 ekor DOC.

Belum ada Komentar untuk "4 Persiapan Bisnis Pertamini, Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel