Peluang Usaha Menguntungkan Dari Mainan Edukasi Anak

Mainan edukasi anak menjadi salah satu peluang usaha yang terbilang cukup menguntungkan. Pasalnya jenis mainan ini memang semakin banyak dicari khususnya para orang tua. Hal tersebut tak lepas dari pentingnya manfaat mainan edukasi untuk menunjang tumbuh kembang terutama terkait daya motorik seorang anak. Itu mengapa usaha mainan edukasi anak ini patut untuk dijajal mengingat hasil yang ditawarkan sangat menggiurkan.

mainan edukasi anak
Playground - image by pixabay
Mainan edukasi anak sendiri memiliki banyak ragam dan jenisnya. Biasanya dibuat menyesuaikan umur dari anak yang memainkannya. Pada dasarnya bahan utama dalam usaha ini adalah kayu. Bahan baku kayu dipilih karena mudah untuk mendapatkannya. Selain itu karakter kayu yang ramah lingkungan sehingga tidak berbahaya untuk anak-anak.

Agar mampu menembus pangsa pasar, mainan edukasi anak harus dibuat semenarik mungkin. Tujuannya jelas untuk menarik perhatian anak. Beberapa jenis yang saat ini cukup laris dipasaran antara lain mainan puzzle, mainan lego, mainan bilangan kartu dan huruf dan mainan menara pelangi. Jenis mainan tersebut memang menjadi favorit anak-anak sehingga mampu mendongkrak jumlah penjualan.

Seperti bisnis-bisnis pada umumnya, sebelum memulai usaha mainan edukasi anak tentu saja dibutuhkan persiapan yang benar-benar matang. Mulai dari modal, lokasi usaha, promosi, pangsa pasar hingga inovasi yang harus dilakukan sesering mungkin. Faktor-faktor tersebut akan menjadi penentu kesuksesan usaha ini.

Bicara soal modal, untuk membuka usaha mainan edukasi anak memang dibutuhkan modal yang tidak sedikit, namun juga tidak terlalu banyak. Modal bahan baku utama tentu saja adalah kayu. Ditambah peralatan seperti mesin potong kayu, mesin bubut kayu, mesin amplas kayu, mesin bor , mesin cat semprot dan beberapa alat penunjang lainnya. Jika dihitung-hitung modal utama yang harus dikeluarkan kisaran 10-15 juta, diluar modal tempat.

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis ini adalah pemilihan lokasi yang strategis. Lokasi dalam konteks ini adalah tempat untuk menjual barang jadi , bukannya lokasi produksi. Namun tak sedikit pula pengusaha yang memilih menjadikan satu antara lokasi produksi dan tempat penjualan barang jadi.  Tempat strategis yang dapat dipilih antara lain sekitar playgroup, taman kanak-kanak, taman kota, atau didekat pusat perbelanjaan. Lokasi wisata juga cukup potensial untuk membuka usaha ini.
Sementara itu menentukan pangsa pasar juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Dalam hal ini biasanya produsen akan menyasar pada pasangan muda yang memiliki anak kecil. Taman kanak-kanak dan playgroup juga opsi yang bagus sebagai sasaran pasar.

Berikutnya adalah promosi. Marketing sangat dibutuhkan agar produk lebih cepat dikenal konsumen. Promosi melalui media internet menjadi pilihan tepat. Selain lebih efektif, promosi lewat internet juga sangat menghemat biaya. Marketplace dan media sosial bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan produk kepada publik.

Disamping persiapan diatas, dalam usaha mainan edukasi anak tentu saja harus sering melakukan inovasi, mengikuti trend agar anak-anak tidak bosan dengan bentuk mainan yang itu-itu saja. Maka dari itu dibutuhkan kreatifitas tinggi untuk menciptakan produk baru yang mampu menarik hati konsumen.

Faizal Amri Assalamualaikum, dan salam sejahtera buat kita semua. Saya memulai usaha peternakan ayam kurang lebih dari tahu 2015 pembangunan kandang kapasitas 4500 ekor DOC.

Belum ada Komentar untuk "Peluang Usaha Menguntungkan Dari Mainan Edukasi Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel