Apa sih yang bikin menarik di mata HRD? Tips lolos seleksi administrasi 2020

tips lolos seleksi administrasi hrd 2020

BelajarBerwirausaha.COM - Apa sih yang anda rasakan ketika melamar pekerjaan, baik itu melalui situs online, maupun mendaftar langsung ke perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan? Saya pribadi juga pernah merasakan hal itu. Mungkin jika dihitung saya sudah melamar ribuan apply di portal lowongan kerja secara online, dan ratusan kertas lamaran kerja saya kirimkan ke sebuah perusahaan, baik itu sedang tidak membutuhkan karyawan ataupun sedang mencari karyawan.

Tidak terasa, waktu akan cepat sekali berlalu ketika anda menunggu kabar baik panggilan psikologi test ataupun interview test dari HRD perusahaan yang anda lamar tersebut. Satu minggu, dua minggu, satu bulan, dua bulan. Jika sudah selama itu, mungkin sebaiknya anda mulai instropeksi diri pada CV yang telah dibuat anda. Semenarik apa sih CV yang sudah anda buat itu?

Tips membuat CV sudah banyak sekali dibahas di blog-blog yang ada di internet, baik untuk melamar di perusahaan besar atau perusahaan kecil. Tinggal kreatifitas anda dalam memperbaiki CV anda itu.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tips lolos seleksi admnistrasi HRD, silahkan diskusi dikolom komentar jika tulisan ini kurang lengkap dalam memberikan informasi yah.

Ada Portofolio


Portofolio adalah suatu hasil karya yang sudah anda lakukan selama menjalani aktifitas selama ini. Ini khususnya berlaku bagi Frresh Graduate yang baru lulus yah. Misalnya; menjadi panitia EO pembukaan pentas seni Internasional. Disitu anda menjelaskan jobdesc secara singkat, mengenai peran anda dalam event tersebut.

Portofolio juga berfungsi menginformasikan pencapaian-pencapaian target anda selama bekerja di perusahaan tertentu. Target-target tersebut harus anda jelaskan dengan begitu singkat dan padat, ingat HRD tidak mempunyai waktu yang banyak untuk membaca portofolio anda, maka dari itu cantumkan hal yang benar-benar bernilai positif untuk menarik perhatian HRD ketika melihat CV anda.

Ada Sosial Media


Zaman milenial ini, komunikasi sangat berarti terlebih ketika anda memasuki dunia profesionalisme. Anda dituntut serba mobile, dimanapun anda berada anda harus bisa terhubung dengan rekan atau partner anda tentunya.

Sosial media adalah salah satu alat yang anda wajib diperhitungkan kegunaannya. Karena mencari pekerjaan adalah hal yang profesional, maka siapkan akun sosial media seperti Linkedin, agar anda terkesan benar-benar profesional. Tentunya, gunakan foto profil di akun sosial media anda dengan baik, misalnya foto anda dengan background merah atau biru, seperti halnya melamar pekerjaan.

Semoga saja, dengan anda mencantumkan hal tersebut bisa membuat HRD merasa tertarik dengan CV anda tersebut. Tipsnya cukup cantumkan satu sosial media saja kalau menurut saya pribadi.

Ada Referensi


Referensi lebih ke pelamar pekerjaan yang sudah mempunyai related experience ketika mendaftar di perusahaan. Biasanya referensi ini adalah orang-orang yang pernah menjadi partner ataupun atasan anda di perusahaan sebelumnya. Makanya ketika kita bekerja, sebaiknya tunjukan etos kerja yang baik, sehingga ketika anda memutuskan untuk mencari pekerjaan ditempat lain, partner atau atasan anda bisa memberikan rekomendasi yang positif.

Jadi penting kan yah, menjali relasi antar partner kerja itu kan? Suatu saat akan membantu anda untuk memberikan rekomendasi yang positif. Jadi mulai saat ini, anda harus bekerja dengan profesional dan jangan malas-malasan yah, agar anda dikenang sebagai pekerja yang handal dan perusahaan akan merasa kehilangan anda ketika melepaskan anda.

Kesimpulan


Bagi anda yang memang baru lulus kuliah atau Fresh Graduate, gunakan waktu luang anda untuk mengisi CV anda dengan cara bekerja part time. Banyak sekali pekerjaan part time yang bisa anda kerjakan disekitar anda. Kemudian tuliskan didalam CV anda, sehingga didalam CV anda tidak ada waktu nganggur, semua diisi oleh hal yang positif.

Terimakasih sudah membaca artikel kami, mohon dengan sangat agar berkenan mengsharekan artikel ini di akun media sosial milik anda yah.