Usaha sampingan untuk guru honorer

Guru Honorer

BelajarBerwirausaha.COM - Guru adalah sebuah profesi yang mulia. Ada istilah, guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Tanpa mereka, tentu hidup kita tidak akan seperti sekarang ini. Sekarang ini apabila kita mendengar istilah “Guru Honorer” tentulah sudah tidak asing lagi. Guru honorer ialah guru tidak tetap di sebuah instansi sekolah entah itu sekolah negeri ataupun swasta.

Normalnya guru honorer ada di sekolah swasta namun tak jarang pula ada yang bekerja di sekolah negeri. Secara kasat mata mereka layaknya guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), dengan seragam dan segala atribut selayaknya guru tetap. Biasanya  guru honorer “digaji” berdasarkan jumlah jam mengajar. Namun tak jarang  juga ada yang dibayar secara sukarela melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang biasanya cair tiga bulan sekali.

Ada seorang teman saya yang bersatus sebagai guru honorer di salah satu sekolah negeri yang tidak jauh dengan tempat tinggal saya. Dia bercerita bahwa pendapatannya sebagai guru honorer ini hanya Rp. 200.000. Tentu sangat jauh dari kata layak di zaman sekarang. Lain lagi dengan teman saya yang lain yang mengajar di salah satu sekolah swasta, nasibnya jauh lebih baik karena setiap bulan setidaknya dia bisa membawa pulang sekitar Rp. 800.000 untuk beban mengajar 24 jam.

Lalu ide bisnis sampingan apa sih yang cocok untuk seorang guru honorer yang terbukti menghasilkan?

1. Jualan Pulsa Elektrik

Ini adalah salah satu usaha paling mudah dan murah yang bisa dipraktekan langsung oleh anda. Kenapa? Untuk menjadi seorang agen pulsa elektrik sangatlah mudah, dengan modal kisaran 50.000 sampai dengan 100.000 saja anda sudah bisa mulai berjualan pulsa. Dengan margin keuntungan sekitar Rp. 1.000 sampai dengan Rp. 1.500 untuk setiap transaksi, tentu anda bisa bayangkan jika bisa melakukan 1000 transaksi setiap bulannya.

Tambahkan pula item lain karena biasanya sekarang agen pulsa tidak hanya jual pulsa namun juga kuota, token listrik dan menerima pembayaran seperti PDAM, Tiket kereta, BPJS, angsuran, dll.Sebelum memutuskan berjualan pulsa elektrik tentu anda perlu melakukan survey harga dasar terlebih dahulu. Anda bisa cek di tokopedia atau bukalapak untuk harga minimum pulsa elektrik dan item lainnya.

2. Buka Les Privat di Rumah

Usaha sampingan ini tentu masih selaras dengan pekerjaan yang anda jalani. Sehinga tidaklah sulit dalam menjalaninya. Terlebih lagi waktunya yang fleksibel bisa disesuaikan dengan kehendak kita. Selain itu bayarannya pun kita yang menentukan sendiri per-jamnya. Beruntung bila anda punya ruang kosong di rumah yang bisa difungsikan menjadi ruang les tapi jika Anda tidak punya ruang kosong di rumah, anda bisa mendatangi rumah murid-murid anda.

Beberapa teman saya yang sarjana lebih memilih untuk menjalani bisnis les privat ini karena menjanjikan pendapatan yang lebih besar dengan waktu kerja yang relatif lebih singkat. Anda pun bisa melamar menjadi pengajar les di lembaga bimbingan belajar seperti Ganesha Operation, Primagama dan lain sebagainya di kota Anda. Atau Anda juga bisa jadi guru privat di situs ruangguru.com.

3. Penulis Lepas

Sebagai seorang guru pasti pernah mengenyam pendidikan formal sampai jenjang strata 1 atau disebut juga sarjana. Dengan latar belakang lulusan perguruan tinggi tentu sudah tidak asing lagi dengan dunia tulis menulis. Urusan membuat makalah atau laporan tentu sudah jadi makanan harian ketika menjadi mahasiswa.

Maka salah satu bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh seorang guru guru honorer ialah menjadi penulis lepas. Dibandingkan menjadi seorang blogger, menjadi penulis lepas menjanjikan pendapat secara cepat dan lumayan besar. Bayaran bagi seorang penulis lepas tidak ada ketentuan secara khusus akan tetapi minimal anda akan mendapatkan Rp. 50.000 untuk sebuah artikel.

Anda bisa mengirimkan artikel ke majalah, koran ataupun menjadi kontributor di web dan blog orang lain. Bayaran menjadi seorang penulis lepas biasanya bervariasi dan disesuaikan dengan panjang artikel yang anda buat.

4. Jadi Driver Ojek Online

Mungkin ini bukan termasuk bisnis namun hanya ide tambahan penghasilan saja. Tidak bisa dipungkiri perkembangan ojek online ini sangat melesat. Dengan syarat pendaftaran yang mudah dan menjanjikan penghasilan yang cukup besar tentu sangat menggiurkan ditambah waktu kerja yang fleksibel.

Bagi seorang guru honorer tentu haruslah pintar-pintar mengatur waktu. Anda bisa mulai menerima orderan sepulang sekolah, misal anda pulang sekolah sekitar jam 14.00 tentu itu merupakan “peak time” untuk menerima orderan.

5. Jualan Makanan Ringan di Sekolah

Ide ini salah satu yang mungkin jarang terfikirkan oleh para guru honorer terutama honorer muda. Jika di sekolah anda ada kantin atau koperasi sekolah maka itu adalah peluang. Anak-anak sekolah umumnya sangat menyukai makanan ringan yang gurih dan pedas. Anda bisa menjual makanan seperti makaroni pedas, keripik pedas, mie lidi, dll.

Secara kasar, keuntungan dari makanan ringan seperti ini relatif kecil yaitu Rp. 500 namun karena suatu sekolah biasanya memiliki jumlah siswa yang relatif banyak maka faktor kalinya pun semakin besar.

Sebagai contoh profit dari 1 item ialah 500. Setiap hari anda berhasil menjual 50 pcs. Maka keuntungan anda satu hari adalah Rp. 25.000.  Kemudian Rp. 25.000 dikali lagi dengan hari efektif sekolah misalkan 25 hari. Maka anda akan menghasilkan Rp. 625.000 / bulan.

6. Menjadi Blogger atau Youtuber

Menjadi seorang blogger ataupun youtuber menjanjikan pendapatan tambahan yang sangat besar bahkan bisa membuat anda berfikir berhenti jadi guru honorer. Selain dari segi pendapatan juga dari segi waktu dan segi passion.

Fakta di lapangan berbicara bahwa dua profesi itu adalah pilihan paling populer saat ini. Menjadi Blogger dan Youtuber menurut saya hampir sama. Bedanya adalah jika blogger adalah menyajikan konten berupa teks dan gambar, sedangkan youtuber menyajikan konten berupa video.

7. Jualan Online

Selain menjadi blogger atau pun youtuber, Anda juga bisa jualan online. Barang yang bisa dijual secara online sangat bervariasi.

Ada beberapa orang teman saya yang merupakan guru honorer, mempunyai usaha sampingan berupa jualan online. Mereka biasanya menjual apa saja namun dengan cara dropship. Salah seorang diantara mereka yang merupakan teman sekelas saya dulu bahkan bisa membeli beberapa perhiasan emas hanya dari jualan online secara dropship.